Bandung, Maret 2023 – dikutip dari laman dephub.go.id Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 Hijriah) yang dilakukan Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT). Berdasarkan hasil survei tersebut, diprediksi pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang. Jumlah ini meningkat 14,2 % jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan secara daring, yang mulai dari perencanaan dan analisis hasil surveinya dilakukan bekerja sama dengan kalangan akademisi dan pakar transportasi. Pemilihan moda transportasi didominasi moda darat yaitu: mobil pribadi 22,07% (27,32 juta orang), sepeda motor 20,3% (25,13 juta orang), bus 18,39% (22,77 juta orang), kereta api 11,69% (14,47 juta orang), dan mobil sewa 7,7% (9,53 juta orang).
VP Public Relations KAI melalui laman kai.id menyampaikan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan tiket kereta api tambahan dengan total menambah 487.180 tempat duduk KA Jarak Jauh atau rata-rata 22.144 tempat duduk per hari, untuk masa Angkutan Lebaran pada perjalanan relasi favorit seperti Jakarta – Solo pp, Jakarta – Surabaya pp, Bandung – Semarang pp, Yogyakarta – Surabaya pp, dan lainnya. Pemesanan tiket tambahan tersebut mulai dijual pada Senin, 13 Maret 2023.
Atas besarnya animo masyrakat melaksanakan mudik lebaran, PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN), sebagai subsidiary perusahaan PT Pos Indonesia yang fokus dalam diversifikasi bisnis pada layanan jasa keuangan berbasis teknologi. Melalui platform Pospay Agen, telah menghadirkan fitur pembayaran pemesanan e-Ticket KAI yang dapat dilakukan oleh Mitra Pospay Agen di seluruh Indonesia.
“Bayar e-Ticket KAI di Pospay Agen, tentu lebih dekat, mudah dan cepat. Karena lebih dari 127.000 Mitra Pospay Agen tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Sehingga akan sangat memudahkan masyarakat untuk lakukan pembayaran e-Ticket KAI yang dipesan untuk mudik lebaran.” Ungkap Sandi Mardiansyah, Chief Executive Officer POSFIN.
Dengan berbasis pada jaringan keagenan yang telah tersebar luas di seluruh wilayah di Indonesia, terutama pada masyarakat yang termasuk ke dalam kategori 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), Pospay Agen merupakan salah satu bentuk nyata atas komitmen POSFIN dalam menghadirkan layanan jasa pembayaran dan keuangan yang berkualitas, tepat waktu, dan aman bagi setiap kebutuhan keuangan, pembayaran di masyarakat Indonesia.
Sumber :
https://dephub.go.id/post/read/pergerakan-masyarakat-selama-lebaran-2023-diprediksi-capai-123,8-juta-orang,-kemenhub-siapkan-langkah-antisipasi
https://www.kai.id/information/full_news/5557-kai-operasikan-ka-tambahan-lebaran-tiket-bisa-dipesan-mulai-13-maret